Senin, 03 November 2014

TUGAS TOU 1

TUGAS TOU 1
Arga Yuda Permana
2ka25
1a113707

Hay gaes .. kali ini gue dapet tugas tou yang cukup menarik yaitu menagalisa perusahaan , nah gue memilih PT.Bank Cenntral Asia.Tbk, hogeh lets go .. berikut ulasan selengkapnya selamat membaca :)

Sejarah Perusahaan :

BCA secara resmi berdiri pada tanggal 21 Februari 1957 dengan nama Bank Central Asia NV. Banyak hal telah dilalui sejak saat berdirinya itu, dan barangkali yang paling signifikan adalah krisis moneter yang terjadi di tahun 1997.

Krisis ini membawa dampak yang luar biasa pada keseluruhan sistem perbankan di Indonesia. Namun, secara khusus, kondisi ini mempengaruhi aliran dana tunai di BCA dan bahkan sempat mengancam kelanjutannya. Banyak nasabah menjadi panik lalu beramai-ramai menarik dana mereka. Akibatnya, bank terpaksa meminta bantuan dari pemerintah Indonesia. Badan Penyehatan Perbankan Nasional (BPPN) lalu mengambil alih BCA di tahun 1998.

Berkat kebijaksanaan bisnis dan pengambilan keputusan yang arif, BCA berhasil pulih kembali dalam tahun yang sama. Di bulan Desember 1998, dana pihak ke tiga telah kembali ke tingkat sebelum krisis. Aset BCA mencapai Rp 67.93 triliun, padahal di bulan Desember 1997 hanya Rp 53.36 triliun. Kepercayaan masyarakat pada BCA telah sepenuhnya pulih, dan BCA diserahkan oleh BPPN ke Bank Indonesia di tahun 2000.
Selanjutnya, BCA mengambil langkah besar dengan menjadi perusahaan publik. Penawaran Saham Perdana berlangsung di tahun 2000, dengan menjual saham sebesar 22,55% yang berasal dari divestasi BPPN. Setelah Penawaran Saham Perdana itu, BPPN masih menguasai 70,30% dari seluruh saham BCA. Penawaran saham ke dua dilaksanakan di bulan Juni dan Juli 2001, dengan BPPN mendivestasikan 10% lagi dari saham miliknya di BCA.

Dalam tahun 2002, BPPN melepas 51% dari sahamnya di BCA melalui tender penempatan privat yang strategis. Farindo Investment, Ltd., yang berbasis di Mauritius, memenangkan tender tersebut. Saat ini, BCA terus memperkokoh tradisi tata kelola perusahaan yang baik, kepatuhan penuh pada regulasi, pengelolaan risiko secara baik dan komitmen pada nasabahnya baik sebagai bank transaksional maupun sebagai lembaga intermediasi finansial

Visi & Misi :

VISI

Bank pilihan utama andalan masyarakat, yang berperan sebagai pilar penting perekonomian Indonesia.

MISI

  • Membangun institusi yang unggul di bidang penyelesaian pembayaran dan solusi keuangan bagi nasabah bisnis dan perseorangan.
  • Memahami beragam kebutuhan nasabah dan memberikan layanan finansial yang tepat demi tercapainya kepuasan optimal bagi nasabah.
  • Meningkatkan nilai francais dan nilai stakeholder BCA.
Strategi Persaingan BCA : 

Dalam mengelola bank, BCA bertumpu pada tiga prioritas yaitu mempertahankan keunggulan sebagai bank transaksional pilihan nasabah, meyalurkan kredit yang didukung oleh manajemen resiko yang efektif , serta menerapkan tata kelola pada setiap aspek bisnis. Dalam menghadapi tantangan perubahan ekonomi yang bersifat struktural maupun pergerakan suku bunga, pihak manajemen berupaya untuk tetap konsisten dalam mengelola BCA. Hal tersebut dimaksudkan dengan tujuan mengoptimalkan posisi likuiditas untuk meningkatkan profitabilitas, dan investasi pada franchise BCA guna mengembangkan sumber pendanaan yang menguntungkan.
BCA tidak saja menjadi bank yang semakin dekat dengan para nasabahnya, lebih dari itu BCA menyediakan koneksi dan kenyamanan untuk bertransaksi, baik untuk keperluan bisnis maupun pribadi, dimanapun mereka berada, dan kapanpun harus melakukannya. Fokus utama dari strategi BCA adalah :

1.Memfokuskan diri pada transaksi pembayaran dan penyelesaian melalui investasi di jaringan yang kokoh sekaligus meningkatkan basis dana pihak ketiga BCA.

2.Meningkatkan aktiva produktif melalui penyaluran kredit yang menguntungkan disertai pengelolaan resiko yang efektif.

3.Menerapkan tata kelola dan prinsip kehati-hatian di setiap aspek bisnis.

Meskipun tampaknya sangat sederhana, strategi ini ternyata sangat efektif di masa-masa di mana industri perbankan harus beradaptasi dengan perubahan – perubahan struktural yang mengikuti siklusnya. Strategi ini tetap relevan ketika bank dituntut menyesuaikan diri pada berbagai perubahan regulasi.
Disamping itu, BCA telah mendefinisikan dan mempublikasikan standar nilai dan etika yang tertuang dalam kode etik banker BCA yang meliputi :

a) Kepatuhan, ketaatan pada undang – undang dan peraturan yang berlaku, serta sistem dan prosedur yang telah ditetapkan bank.
b) Integritas, tidak menyalahgunakan jabatan dan wewenangnya untuk kepentingan pribadi maupun keluarga, menjaga nama baik, keamanan harta kekayaan bank, kerahasiaan data nasabah dan data bank. Menjaga perilaku agar kepentingan pribadi tidak bertentangan dengan kepentingan bank ataupun nasabah.
c) Etika, tidak melakukan perbuatan tercela.Keharmonisan lingkungan kerja, menjaga dan membina keharmonisan lingkungan kerja dan persaingan yang sehat.
d) Kompetensi, senantiasa meningkatkan pengetahuan dan wawasan dengan mengikuti perkembangan industri perbankan khususnya dan dunia usaha pada umumnya.


Investasi BCA pada jaringan telah memungkinkan skala operasi dan layanan yang mampu mempertahankan simpanan dan pinjaman yang sehat. Dalam mengelola perubahan, termasuk perubahan tingkat suku bunga dan nilai tukar.

BCA secara konsisten, pertama, memanfaatkan posisi likuiditas yang kuat untuk meningkatkan profitabilitas ; kedua, secara berkesinambungan melakukan investasi infrastruktur untuk mempertahankan franchise value sehingga dalam situasi suku bunga yang bergejolak sekalipun bank dapat mempertahankan performanya. BCA mengembangkan pendekatan total customer relationship untuk kenyamanan nasabah bisnis dan perseorangan. Keunggulan jaringan yang dimiliki BCA memberikan lebih banyak waktu bagi staff BCA untuk lebih proaktif dan berorientasi pada pemenuhan kebutuhan nasabah. Dengan pendekatan total customer relationship, BCA membantu memenuhi kebutuhan nasabah baik selaku pribadi maupun pelaku usaha.

Ditengah kecenderungan penurunan suku bunga, banyak kalangan berpendapat bahwa hal tersebut dapat memberikan tekanan terhadap marjin BCA. Namun demikian, BCA dapat mengatasinya dengan mengandalkan keunggulan – keunggulan strategis yang dimilikinya, yaitu : struktur dana pihak ketiga yang didominasi oleh produk giro dan tabungan, luasnya jangkauan operasi akan mempermudah BCA untuk meningkatkan volume transaksi keuangan dan melakukan ekspansi kredit. Selain itu, inflasi satu digit akan mendukung BCA dalam melakukan efisiensi pengelolaan biaya

PENERAPAN BAURAN PEMASARAN PADA PRODUK DAN JASA PT.BCA Tbk :

A. Product
Produk yang ditawarkan oleh PT. BCA Tbk pada umumnya sama dengan bank lainnya, seperti Tabungan, Giro, Kredit, dll. Tetapi dengan reputasi yang bagus kualitas produk dari BCA diakui kualitasnya, dapat pula dilihat dari bentuk pelayanan, dimana BCA sangat memprioritaskan pelayanannya kepada nasabah.

B. Price
Dalam hal harga, pelayanan BCA terbilang cukup mahal tetapi sesuai dengan kualitas yang ditawarkan seperti adanya biaya tambahan untuk setoran diluar wilayah, sedangkan untuk suku bunga yang ditawarkan untuk produk simpanan dan pinjaman nilainya masih wajar.

C. Promotion
Untuk promosi, BCA selalu melakukan promosi baik melalui media cetak maupun media elektronik, dan BCA juga senantiasa berpartisipasi pada event-event besar dan menjadi sponsor untuk lebih mengenalkan produknya.

D. Place
Untuk jaringan distribusi sendiri BCA sudah mulai membuka kantor cabang di seluruh wilayah di Indonesia, meskipun tidak begitu merata. Tetapi unutk masyarakan yang hidup diperkotaan akan sangat mudah untuk bertransaksi melalui mesin ATM yang tersebar hingga ke pelosok.

E. People
BCA sangat memprioritaskan pelayan kepada nasabah, sehingga sering kali mendapatkan penghargaan atas pelayanannya terhadap nasabah, hal ini tidak lepas dari strategi perusahaan untuk mempertahankan nasabahnya melalui pelayanan yang optimal

F. Process
Untuk prosedur di BCA terbilang cukup ramah, karena tidak mempersulit nasabah untuk menikmati produknya, prosedurnya terbilang cepat dan mudah. Bahkan bisa melaui internet.

ANALISIS INTERNAL DAN EKSTERNAL PERUSAHAAN

Prestasi
Kerja keras, kebijakan, pengelolaan yang baik, komitmen dan peraturan kepada regulasi membawa BCA menjadi Bank dengan prestasi dan reputasi yang membanggakan. Dari tahun ke tahun, BCA terus dikenal sebagai bank yang memiliki banyak keunggulan dan mendapat nilai bagus dari berbagai pihak sebagai institusi finansial yang dikelola secara profesional. Hal ini terbukti dari berbagai penghargaan yang diterima oleh BCA, antara lain :

1.    Best Domestic Bank Indonesia
2.    The Biggest Profitable Bank
3.    Best CEO, dll

Dari hal ini dapat diketahui bahwa kualitas BCA tidak diragukan lagi sebagai perusahaan profitable dengan keuangan yang sehat dan nilai asset yang terus bertambah serta sebagai bank dengan kualitas terbaik.

Struktur organisasi BCA

BCA merupakan perusahaan yang telah go public, sehingga didalam strukturnya BCA memiliki komisaris yang terdiri dari seorang presiden komisaris dan empat anggota komisaris dimana tiga diantaranya adalah komisaris independent. BCA dipimpin oleh seorang presiden direktur dan wakilnya serta memiliki delapan orang direktur yang masing-masing memiliki tanggung jawab dibidangnya masing-masing



E. ANALISIS SWOT PADA PT. BCA Tbk

Kekuatan (Strength) :

Kekuatan pada Bank BCA yaitu :

1.Menjadi pelopor dalam infrastruktur pendukung national payment systemyang sulit tersaingi oleh kompetitornya.
2.Menjadi bank pertama di Indonesia yang melakukan melakukan proses edukasi sistematis dalam pemakaian layanan ATM dan internet banking.
3.Posisi Bank BCA sebagai standard setter dari bank – bank pesaingnya bukan hanya di produk layanan, tetapi untuk penambahan jenis electronic delevery channel nya menjadi benchmark bagi para pesaing.
4.BCA sudah dikenal reputasinya di dalam dan luar negeri sebagai bank yang selalu mengambil keputusan tepat dalam pemilihan teknologi dan waktu penerapannya.
5.Tim manajemen yang sangat profesional yang selalu mengikuti kebijakan dan regulasi perbankan nasional dan internasional ;
6. Sumber daya manusia (SDM) yang terlatih baik dan berorientasi pada pelayanan bagi nasabah
7.Rangkaian produk dan jasa yang inovatif dan memenuhi kebutuhan yang aktual ;
8.Pemanfaatan teknologi paling mutakhir secara tepat ;
9.Upaya yang terus-menerus dalam mempertahankan tingkat pengamanan perbankan yang paling tinggi ;
10.Jaringan yang luas dari kantor cabang dan kantor cabang pembantu di seluruh Indonesia ;

Kelemahan (Weakness):

Kelemahan pada Bank BCA yaitu :

1.Layanan perbankan BCA yang selalu mengikuti perkembangan teknologi informasi masih perlu disempurnakan untuk mengurangi rasa ketidaknyamanan dari para nasabah.
2.Konsentrasi alokasi kredit BCA lebih terfokus pada korporasi perusahaan menengah keatas, sehingga sangat rawan terhadap kemungkinan kredit macet ketika iklim ekonomi sedang krisis dan nilai tukar mata uang yang fluktuatif.
3.BCA belum menjadi bank pilihan utama bagi sebagian masyarakat Indonesia yang mampu mengakomodasi sebagian besar kebutuhan mereka akan layanan perbankan.

Kesempatan (Opportunity):

Peluang dari Bank BCA adalah :

1. Sejalan dengan tekad pemerintah yang terus mengembangkan perekonomian Indonesia
2.Pencanangan tahun 2008 sebagai tahun edukasi perbankan bagi masyarakat, memungkinkan dunia perbankan bertarung secara kompetitif untuk berebut nasabah.
3. Kecenderungan pola hidup masyarakat yang konsumtif, merupakan salah satu peluang yang perlu dicermati untuk meningkatkan jenis produk jasa kredit perbankan dan kualitas pelayanan bagi nasabah.
4. Kecepatan kemajuan teknologi informasi sangat mendukung komitmen BCA untuk mempermudah pelayanan demi meningkatkan kepuasan nasabah.

Hambatan (Threat) :

 Faktor – faktor ancaman pada Bank BCA adalah :

1.Perkembangan dunia bisnis semakin kompleks dengan tingkat persaingan yang tinggi ditengah kondisi perekonomian Indonesia yang terus bergejolak dan tingkat inflasi yang cukup tinggi.
2.Masyarakat cenderung meminati layanan perbankan yang simple dan menawarkan berbagai macam fleksibilitas serta berbagai macam hadiah yang menggiurkan.
3.Tingkat inflasi yang terus meningkat mengurangi minat masyarakat untuk menyimpan uang di bank.

Kesimpulan : 
BCA merupakan organisasi/perusahaan modern dan juga merupakan organisasi niaga.BCA mengadopsi praktik tata kelola perusahaan terbaik, yang merupakan pondasi dari bisnis yang transparan dan sehat. Hal tersebut merupakan komitmen pihak manajemen BCA untuk mempertahankan kepercayaan nasabah, pemegang saham, mitra bisnis dan pemangku kepentingan ( stakeholders ) lainnya. Dalam memastikan tata kelola yang optimal, direktur bersama manajemen akan selalu mengevaluasi implementasi tata kelola perusahaan secara berkesinambungan.
BCA siap memanfaatkan kecenderungan pertumbuhan ekonomi yang positif untuk memacu ekspansi kredit di semua segmen, baik untuk segmen individu dengan menawarkan produk-produk kredit baru. Sebagai respon terhadap tingginya inflasi dan tingkat suku bunga. BCA melakukan penyesuaian kriteria yang digunakan dalam mengevaluasi resiko kredit dan resiko pasar. Dalam proses tersebut BCA secara proaktif memperketat persyaratan kelayakan minimum kredit rating dan membatasi eksposur terhadap industri dan segmen kredit tertentu.
Intinya yang menjadi rahasia dari eksistensi BCA sebagai bank swasta ditengah krisis ekonomi adalah kekuatan pihak manajemen dalam melakukan praktik pengelolaan resiko operasional yang baik dan ketat dengan berlandaskan prinsip kehati – hatian dan pelayanan BCA kepada nasabah dengan mengembangkan pendekatan total customer relationship. Namun BCA perlu bekerja lebih keras lagi untuk dapat meyakinkan masyarakat dan nasabah akan kinerja perbankan yang mereka selenggarakan, selanjutnya memenangkan penilaian masyarakat tentang keunggulan – keunggulan produk dan jasa layanan perbankan BCA.


Sumber : 
http://id.wikipedia.org/wiki/Bank_Central_Asia
http://nabella2326.blogspot.com/2013/06/pt-bank-central-asia-tbk.html
http://www.bca.co.id/







TUGAS 2 PENGANTAR TELEMATIKA

TUGAS 2 PENGANTAR TELEMATIKA
ARGA YUDA PERMANA
1A113707
KELAS 4KA28 


1. Apa manfaat dan dampak negatif dari jaringan komputer sebagai media untuk mengakses layanan telematika, jelaskan!
  • Meningkatkan kinerja pelaku usaha karena kemudahan pengaksesa informasi dan peyelenggaraan transaksi sehingga dapat meningkatkan keuntungan secara ekonomi.
  • Penghematan transportasi dan bahan bakar.
  • Menghindarkan jam-jam yang tidak produktif menjadi lebih produktif.
  • Mengembangkan konsep kegiatan tersebar secara merata ke seluruh daerah.
  • Menyuguhkan banyak pilihan sarana telekomunikasi
  • Penggunaan email atau realtime chatting yang bisa bertatap muka dapat mempermudah proses komunikasi saat bekerja tanpa harus pindah dari tempat kerjanya.
  • Penghematan dana yang cukup besar jika ada salah satu komputer berhubungan ke internet dan komputer tersebut memberikan ijin untuk akses ke internet maka para pengguna jaringan dapat melakukan koneksi internet hanya dengan menggunakan satu buah akun di ISP dan satu buah modem.
  • Memberikan nilai tambah yang nyata dalam bidang kesehatan dan pendidika.
  • Dengan adanya eGoverment dapat meningkatkan kinerja pemerintah dalam menyediakan informasi dan layanan bagi masyarakat.
  • Dengan adanya eBusiness secara nyata dapat menekan biaya transaksi dalam berbisnis dan memberikan kemudahan dalam diversifikasi kebutuhan.
  • Mulai marakya sekelompok anak muda membangun bisnis baru menggunakan teknologi internet.
  • Sebagai core bisnis industry, perdagangan, efisien dan peningkatan daya saing perusahaan.
  • Mempererat hubungan setiap orang, antar wilayah maupun antar negara tanpa ada batasan ruang dan waktu.
Dampak negatif dari jaringan komputer sebagai media untuk mengakses layanan telematika :
  • Joy computing, yaitu pemakaian komputer orang lain tanpa ijin
  • Hacking, yaitu untuk mengakses secara tidak sah atau tapa ijin dengan alat suatu terminal
  • Pencurian nomor kartu kredit
  • Pengambilan situs web milik orang lain
  • Pencurian akses internet yang sering dialami oleh ISP
  • Penyerangan situs atau email melalui virus atau spamming
  • Kejahatan nama domain
  • Persaingan bisnis dengan menimbulkan gangguan bagi situs saingannya
  • Penyebaran virus atau malicious ware fraud atau penipuan yang menggunakan electronic mail sebagai penyebaran informasi bagi si penipu.
  • Kejahatan telematka merugikan individu dan perusahaan, contohnya seorang mahasiswa yang berhasil menyusup dan mengganti data sistem yang ada di universitasnya.
  • Data leakage, yaitu menyangkut pembocoran data ke luar
  • Data diddling, yaitu suatu perbuatan yang mengubah data valid atau sah dengan cara tidak sah, mengubah input data atau output data
  • Software piracy, yaitu pembajakan software terhadap hak cipta yang dilindungi hak atas kekayaan intelektual
 2. Berikan contoh aplikasi-aplikasi apa saja yang berkembang yang memanfaatkan jaringan komputer khususnya internet dalam telematika!


·         Newsgroup
Adalah aplikasi internet yang digunakan untuk berkomunikasi satu dengan yang lain dalam sebuah forum. Biasanya anggota newsgruop mempunya kepentingan dan keertarikan yang sama dalam membahas topik-topik tertentu.
Sarana yang mungkin digunakan dapat berupa multimedia (audio visual) dengan menggunakan fasilitas audio konferens, media teks saja atau media teks dan audio dengan menggunakan fasilitas chat (IRC)

·         IRC (Internet Relay Chat)
Adalah aplikasi internet yang digunaka untuk bercakap-cakap di internet atau yang lebih dikenal dengan istilah chatting. Meskipun disebut dengan bercakap-cakap, namun sebenarnya komunuikasi ini dilakukan dengan menggunakan teks
.
·         FTP (File Transfer Protocol)
Adalah aplikasi internet yang digunakan untuk mengirim atau mengambil file ke atau dari sebuah komputer lain. Dengan FTP memungkinkan transfer data akan berjalan lebih cepat.
FTP sering digunakan untuk mengunduh ataupun mendownload file dokumen disebuag server internet yang mempunya alamat tertentu yang menyediakan berbagai file. FTP juaga sering digunakan oleh pemilik situs di internet untuk mengunggah ataupun mengapload file dokumen ke server web sehingga dapat diakses oleh seluruh pengguna internet.

·         Telnet
Adalah aplikasi yang digunakan untuk mengakses komputer yang letaknya jauh. Telnet dapat digunakan apabila kamu mempunya alamat IP (IP Adress) dari komputer yang akan diakses dan juga hak akses(User ID dan Password) ke komputer tersebut.

·         Gopher
Adalah aplikasi yang digunakan untuk informasi yang ada di internet. Namun, informasi yang dicari yang sebatas pada teks.

·         Ping (Packet Internet Gopher)
Digunakan untuk mengetahui apakah komputer yang digunakan mempunya hubungan koneksi dengan komputer lain di internet. Cara pengecekan ini dilakukan dengan cara mengirimkan sejumlah paket data ke komputer target.

·         VoIP (Voice over Internet Protocol)
Teknologi yang memungkinkan data suara dikirimkan melalui internet(Internet Protocol). Aplikasi ini memungkinkan seseorang dapat berbicara langsung dengan orang lain di tempat yang jauh

·         E-Commerce
Disebut juga perdagangan elektronik yaitu suatu kegiatan yang dilakukan dengan memanfaatkan jaringan telekomunikasi, terutama internet. Interet memungkinkan orang atau organisasi yang berada pada jarak jauh dapat berkomunikasi dengan biaya yang murah. Kemudian dimanfaatkan pada perdagangan internet.

·         Media Pembelajaran
Belajar jarak jauh sudah lama dilakukan jauh sebelum internet ada. Dahulu belajar jarak jauh dilakukan dengan cara mandiri. Pihak penyeleggara belajar jarak jauh megirimkan bahan-bahan pelajaran berupa buku, kaset dan video kepada para siswa.

·         Media Social Network
Saat ini banyak situs d internet yang mengkhususkan diri sebagai jejaring sosial online, seperti facebook, twitter, myspace dan sebagainya. Situs jejaring sosial dapat dibedakan menjadi dua, yaitu situs jejaring sosial yang mengkhususkan untuk komunikasi tertentu saja dan situs jejaring sosial yang terbuka untuk semua orang.

·         WWW (Word Wide Wibe)
Word Wide Wibe atau biasa disebut Web, merupakan aplikasi yangpaling penting dan paling banyak digunakan. Aplikasi web ini memungkinkan komputer-komputer di internet saling mempertukarkan informasi dalam format dokumen khusus yang sering disebut dengan format hypertext dan hypermedia (format dokumen yang memungkinkan informasi disimpan dalam berbagai bentuk, seperti text, gambar, gambar bergerak/video, dan suara).

·         E-Mail (Elektronik Mail)
Elektronik Mail atau surat elektronik yang lebih dikenal dengan istilah email ini adalah aplikasi internet yang digunakan untuk sarana komunikasi surat menyurat dalam bentuk elektronik. Mengirim email sama dengan mengirim surat biasa. Bedanya, kalau email dikirim dalam bentuk elektronik dan dikirim melalui jaringan komputer yang ada di internet. Selain mengirim pesan, email pula dapat digunakan untuk mengirim file-file dokumen, gambar, video, suara, dan sebagainya.

3. Faktor apa saja yang mendasari perkembangan telematika di Indonesia semakin meningkat, sebutkan dan jelaskan!
·         Radio dan Telepon
Di periode pra satelit (sebelum tahun 1976), perkembangan teknologi komunikasi di Indonesia masih terbatas pada bidang telepon dan radio. Radio Republik Indonesia (RRI) lahir dengan didorong oleh kebutuhan yang medesak akan adanya alat perjuangan di masa revolusi kemerdekaan tahun 1945, dengan menggunakan perangkat keras seadanya.
Indonesia saat itu belum memiliki satelit. Keleluasaan barulah bisa dirasakan setelah di tahun 1967/1968 mengalir pinjaman-pinjaman ke Indonesia, baik bilateral ataupun pinjaman multilateral dari Bank Dunia, melalui pinjaman yang disepakati IGGI. Akan tetapi, pada masa inipun inovasi dalam pemfungsian teknologi telekomunikasi masih belum berkembang dengan baik di negeri ini.
·         Televisi
Badan penyiaran televisi lahir tahun 1962 sebelum adanya satelit yang semula hanya dimaksudkan sebagai perlengkapan bagi penyelenggara Asian Games IV di Jakarta. Terdorong oleh inovasi, akhirnya pada taggal 14 November 1962 untuk pertama kalinya TVRI memberanikan diri melakukan siaran langsung dari studio yag berukuran 9 x 11 meter dan tanpa akustuk yag memadai. Jadi sebelum satelit palapa mengorbit, Indonesia hanya mengenal telekomunikasi tang bersifa terestrial, yakni yang jangkauannya masih dibatasi oleh lautan.
·         Satelit domestik palapa
Gagasan tentang peluncuran satelit bagi telekomunikasi domestik di Indonesia bisa ditelusuri asal muasalnya dari sebuah konferensi di Janewa tahun 1971 yang di sebut WARCST (World Administrative Radio Conference on Space Telecomunication). Pelucuran satelit Palapa di Cape Canaveral, Florida, bulan Agustus 1976 pada panel peluncuran terdapat 3 orang Indonesia dan perwakilan dari perusahaan NASA dan Hughes.
Dengan semakin bergantungnya Indonesia pada teknologi satelit muncullah perusahaan yang bergerak dalam produksi perlengkapan terkait seperti RFC, LEN, PT. INTI. Pertumbuhan ekonomi yang pesat di tahun 1988 membuat kebutuhan telekomunikasi melonjak secara drastis.
·         Nusantara 21
Perkembangan satelit dipacu lebih lanjut dengan diresmikannya “Nusantara 21” (N21) oleh presiden RI pada tanggal 27 Desember 1996. Menggelindingnya N21 menjadi masukan utama untuk pembentukan Tim Koordinasi Telematika Indonesia (TKTI) melalui Kepres No. 30 tahun 1997.
Dengan dikembangkannya N21 maka pada tahun 2000 atau memasuki abad 21 seluruh kecamatan di Indonesia akan mempunyai akses ke semua teknologi komunikasi dan komputer (K-2) dalam suatu jaringan terpadu yang didukung oleh 11 sistem satelit komunikasi.